Kamis, 28 Juli 2011


Wa Syauqah Ya Ramadhan (Merindukan Ramadhan)

Assalamu Alaikum warahmatullahi Wabarakatu

                Bulan yang hanya datang sekali setahun dalam hidup kita (umat islam). Bulan yang bisa saja kita tidak dapat menemuinya lagi, bulan yang bisa saja kita tidak dapat melakukan ibadah seperti sebelumnya lagi. Bulan yang sangat begitu indah dan memiliki keistimewaan dari bulan-bulan yang lain. Hal ini yang membuat kita selalu merindukannya, dan selalu mengharapkan kedatangannya. 

Umat islam pasti merindukan bulan ini bulan yang paling barokah ini sebagaimana sesuai dengan sabda Rasulullah,”telah dating kepada kalian bulan ramadhan bulan yang penuh berkah”.yang diriwayatkan dari Abu Hurairah.
 bulan yang penuh rahmat, sesuai dengan sabda Rasulullah yang mengatakan “(Bulan Ramadhan ) adalah bulan yang pertamanya adalah rahmat, pertengahanya adalah pengampunan dan akhirannya adalah kebebasan dari neraka.”

bulan yang penuh dengan ampunan, berdasarkan sabda Rasulullah, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan beriman dan mengikuti perintah Allah, maka akan diampuni dosanyayang telah dilakukannya.”

Selain itu Bulan diturunkannya Al-Quran. Sebagaimana di dalam Al-Quran,Allah berfirman :
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasaan-penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk itu dan pembeda (antara hak dan yang bathil),” (Al-Baqarah :185)
Bulan dimana terbukannya pintu syurga dan tertutupnya pintu neraka. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda  “dalam bulan Ramadhan, di buka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka.”

Bulan dimana setan dibelenggu berdasarkan saba rasululah “dalam bulan Ramadhan, dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka dan setan-setan dibelenggu.”

Bulan yang mana di dalamnya ada malam Lailatu Qadar berdasarkan sabda Rasulullah “Di dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu malam, barang siapa yang tidak melakukan kebaikan di dalamnya, maka ia benar-benar tidak melakukan kebaikan.”
Inilah bulan Ramadhan bulan yang sangat di rindukan oleh umat islam,karena keistimewaannya dari bulan yang lainnya,,,,,,,

My Message to all umat islam : Pergunakanlah hari-harimu pada saat bulan Ramadhan dan bulan setelahnya dengan sebaik mungkin karena kita tidak tahu kapan lagi kita bisa melakukannya dan apakah Allah ingin memerikan kita lagi kesempatan kedua untuk hal itu.
Referensi :Syaikh Qasim Abdullah dan Syaik Yasir Abdurrahman dalam Bukunya (merindukan bulan Ramadhan)

Walaikum Salam warahmatullahi wabarakatu
Salam "RizQa"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar