Jumat, 29 Juli 2011


Doa

                Menurut kalian apa makna doa untuk kalian ?

                Doa adalah sarana penghubung yang kuat antara kita dengan tuhan (Allah) yang mana kita mengharapan sesuatu kepadanya sebagai tempat penolong untuk kita, ketika kita mendapat masalah atau sebagai tempat untuk bersyukur dan berterima kasih kepadannya. Kadang dengan doa kepadanyalah kita dapat menyelesaikan masalah yang kita peroleh walaupun kita tidak berpapasan langsung dengannya, seperti jika kita memiliki masalah kita curhat kepada orang yang kita percayai dan berpapasan langsung dengannya, tapi ketika kita curhat kepada sang pencipta alam (Allah) kita tidak akan bisa berpapasan dan melihat fisiknya karena Allah adalah Zat yang Gaib. Allah juga Maha Mendengar, Allah akan selalu setia mendengar keluh kesah kita hamba-hambanya walaupun kita begitu menjengkelkan yang selalu saja berbuat buruk kepadanya kuyakin Allah tetap mendengarkan keluh kesah kita tapi jika di bandingkan dengan manusia yang kalian temani curhat memang mereka mendengarkan tapi mungkin hanya masuk telinga kiri keluar telinga kanan yang tidak menerima keluh kesah kita dengan keikhlasan. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim yang berkata :
Kalian tidak berdoa kepada Zat yang tuli dan Ghaib. Kalian sedang berdoa kepada Zat yang maha Mendengar dan lebih dekat dengan kalian dari pada urat lehernya (HR.Bukhari Muslim)

                Kapan kalian berdoa, apakah jarang, lumayan atau sering, seminggu sekali, sebulan sekali, apakah kalian berdoa saat kalian bahagia atau ketika kalian hanya mendapat masalah ? yang mana ?
Sesuai dengan realita dalam kehidupan ini, beberapa orang di bumi ini berdoa hanya berdoa, tidak langsung dari hati sanubari hanya melalui lisan (mulut) mereka tanpa dibarengi dengan keikhlasan meminta yang langsung berasal dari hati dan berdoa ketika mereka hanya mereka merasa  sedih, ketika mereka berada dalam jurang kesengsaraan, berada dalam dunia kegelapan, berada dalam masalah yang cukup rumit saat itulah mereka menghadap kepada Allah, tapi lihatlah hamba Allah yang seperti ini  ketika mereka merasa bahagia, berada dalam surga dunia, saat mereka merasa hidup mereka paling indah apakah mereka masih mau menghadap kepada Allah mereka seakan-akan lupa saat mereka sedih, sengsara dan merasa berada dalam dunia kegelapan itulah sifat manusia (makhluk ciptaan Allah) yang bagaikan manusia yang bermuka dua, bagaikan manusia yang tidak tahu malu, bagaikan manusia yang sama derajatnya dengan makhluk yang hina, apakah kita harus seperti ini kepada Allah. 

Tapi dari beberapa hamba Allah yang seperti itu masih ada hamba Allah yang lebih baik dari mereka, mereka itulah hamba-hamba Allah yang diberikan hidayah, perlindungan, kasih sayang oleh Allah agar jiwa dan raga mereka masih terjaga dalam koridor yang baik. Mereka berbeda dengan hamba Allah yang seperti yang kusebutkan di atas, 180 ° sangat berbeda. Mereka selalu menyampatkan berdoa kepada Allah di saat mereka sedih maupun senang. Di saat mereka merasa sedih, sengsara, mendapat masalah, merasa berada dalam kegelapan dunia mereka menghadap kepada Allah sebagai sarana tempat mereka berkelu kesah dan memohon petunjuk dan di saat mereka merasa bahagia mereka menghadap kepada Allah sebagai sarana pengucap syukur dan terima kasih mereka kepada Allah atas segala apa yang telah mereka dapatkan selama mereka berada dalam dunia ini dan janganlah kalian menjadi orang yang sombong di dunia ini tidak ingin menyembah Allah merasa diri ini sangat hebat. Dalam Al-Quran Allah berfirman:  
Berdoalah kepada-ku niscaya akan kuperkenankan bagim. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. (Al-Mukmin [40] :60)

Bagaimana cara kalian berdoa ?
Berdoa pada umumya kita berdoa setelah kita sholat.  Tapi berdoa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan di mana saja (tapi dalam area yang bersih) seperti saat kita dihadapkan pada ujian sekolah, pada saat final dll kita dapat berdoa sebelum melakukan semua itu agar apa yang kita kerjakan dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang terbaik melalui pertolongan Allah dan usaha dan hasil kerja kita sendiri  dan berdoalah dengan cara yang terbaik seperti firman Allah yang satu ini :
Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (Al-Araf [7] :55)

Dengan doalah, insya Allah segala penderitaan, dan masalah kita di dunia ini dapat teratasi jika kita selalu berdoa hanya kepada Allah dan hanya Allahlah tempat peraduan yang sangat  nyaman. Panjatkanlah doa hanya kepada Allah, jangan kalian berpaling darinya. Jika Allah murkah kepada kalian apakah kalian sanggup menghadapi tanpa bantuan darinnya lagi. Tapi Allah tidak seperti itu Allah Maha Pengampun, dan Maha Bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar